Minggu, 02 Desember 2012

ILMU SOSIAL DASAR BIDANG PSIKOLOGI


TUGAS MAKALAH ILMU SOSIAL DASAR BIDANG PSIKOLOGI








DISUSUN OLEH:
RUDI PRIMA MANDALA PUTRA
1KB04




KATA PENGANTAR
            Segala puji bagi Allah yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, Sehingga Makalah Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasar ini dapat saya selesaikan guna sebagai salah satu tugas yang diberikan dosen mata kuliah Ilmu Sosial Dasar sebagai salah satu mata kuliah softskill.

Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dosen pengajar matakuliah Ilmu Sosial Dasar yang telah memberi kesempatan kapada saya untuk mengumpulkan tugas makalah ini, serta seluruh pihak yang telah memberikan motivasi kepada saya untuk menyelesaikan makalah ini.

Saya sadar, bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Untuk itu, saya terus mengharapkan bimbingan dari dosen pengajar mata kuliah Ilmu Sosial Dasar. Agar dilain waktu, tugas – tugas yang diberikan oleh Dosen Pengajar Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasardapat saya kerjakan lebih baik lagi. Harapan saya, semoga makalah ini dapat berguna bagipara pembacanya. Akhirnya saya ucapkan terima kasih. Akhir kata. Wassalamualaikum.









ABSTRAKSI
Psikologi adalah ilmu yang berhubungan dengan tingkah laku manusia, maka ilmu sosial dasar mempunyai ikatan yang erat dengan psikologi. Di lingkungan agar tercipta hubungan sosial yang lancar tentunya dibutuhkan norma atau aturan agar dapat membangun karakter seseorang yang mempunyai psikologi yang taat terhadap aturan. Karakter seseorang memang berbeda – beda, semua itu tergantung kepada faktor yang mempengaruhi kejiwaan seseorang pula
Untuk membangun psikologi yang baik dibutuhkan ilmu sosial dasar yang membangun psikolog individu yang taat akan tata krama. tata krama yang dimaksud adalah cara individu berinteraksi dengan individu lainnya misalnya cara berbicara yang baik dan sopan sehingga lawan bicara pun merasa senang dan betah terhadap kita




BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Menusia sebagai makhluk sosial pasti akan melakukan interaksi dengan lingkungan. Ilmu sosial dasar suatu ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan. Hubungan tersebut dapat mewujudkan adanya kenyataan – kenyataan sosial dan masalah – masalah sosial yang penelaahannya mneggunakan pendekatan berbagai disiplin ( interdisiplin dan atau multidisiplin) dengan memanfaatkan pengertian – pengertian (fakta,konsep,teori) yang berasal dari lapangan ilmu – ilmu sosial , salah satu diantaranya adalah psikologi.

1.2 TUJUAN
Mengetahui beberapa hubungan yang saling mempengaruhi antara ilmu sosial dasar terhadap bidang psikologi ,yang mana memiliki pengaruh yang sangat kuat diantara keduanya .ISD juga merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan oengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap,persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan ,sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar




BAB II
ISI

2.1 ILMU SOSIAL DASAR BIDANG PSIKOLOGI
Psikologi adalah sebagai ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku dan pikiran manusia secara ilmiah yang berhubungan dengan semua aspek kehidupan manusia. Psikologi bukan hanya sebagai ilmu yang mempelajari perilaku menyimpang manusia tetapi juga mempelajari mengapa manusia berfikir, mengapa manusia melakukan suatu hal yang tidak dipahami oleh orang lain.
Pada pokoknya psikologi itu menyibukkan diri dengan masalah kegiatan psikis seperti berfikir, belajar, menanggapi, mencinta, membenci, dan lain – lain. Macam – macam kegiatan psikis pada umumnya dibagi menjadi 4 kategori yaitu : pengenalan atau kognisi, perasaan atau emosi, kemauan atau konotasi, dan gejala campuran.
Psikologi adalah ilmu yang berhubungan dengan tingkah laku manusia, maka ilmu sosial dasar mempunyai ikatan yang erat dengan psikologi. Di lingkungan agar tercipta hubungan sosial yang lancar tentunya dibutuhkan norma atau aturan agar dapat membangun karakter seseorang yang mempunyai psikolog yang taat terhadap aturan. Karakter seseorang memang berbeda – beda, semua itu tergantung kepada faktor yang mempengaruhi kejiwaan seseorang pula. Contohnya lingkungan, jika seseorang di didik dalam lingkungan yang keras tentunya terbentuklah kaarakter individu yang keras juga, begitu pula sebaliknya jika seseorang di didik dalam lingkungan yang jauh dari hiruk pikuk tentunya memiliki karakter yang jauh berbeda. Individu yang terbiasa terdidik di jalanan tentunya memiliki karakter yang keras, karena adanya tekanan keseharian yang mengharuskan mereka untuk mencari nafkah untuk menghidupi kehidupan sehari – hari demi mendapatkan sesuap nasi yang penuh tantangan, berbeda dengan individu yang tinggal jauh dari hiruk pikuk , cendrung memiliki sifat yang taat akan aturan sosial.
Untuk membangun psikolog yang baik dibutuhkan ilmu sosial dasar yang membangun psikolog individu yang taat akan tata krama. tata krama yang dimaksud adalah cara individu berinteraksi dengan individu lainnya misalnya cara berbicara yang baik dan sopan sehingga lawan bicara pun merasa senang dan betah terhadap kita. dengan membiasakan diri taat akan aturan tentunya akan terbentuk psikologi yang baik pula sehingga terbentuklah cara bertingkah laku yang baik.
Ilmu sosial dasar mempunyai hubungan dalam psikolog individu. Psikologi merupakan suatu ilmu yang mempelajati bagaimana tingkah laku individu. Ilmu sosial dasar merupakan suatu ilmu yang menelaah masalah – masa;ah sosial yang terjadi di dalam masyarakat. Kejiwaan seseorang sangat berpengaruh terhadap lingkungan. Jika seorang individu berada di suatu lingkungan yang kasar tentunya akan terbentuk lah karakter yang kasar juga, begitu pula sebaliknya jika individu berada di lingkungan yang jauh dari hiruk pikuk tentunya terbentuklah karakter yang tidak seekstrim karakter individu yang berada di lingkungan yang kasar. Dengan adanya ilmu sosial dasar berupa aturan sosial yang berlaku maka terbentuklah psikologi individu yang baik sehingga taat akan aturan yang berlaku.




BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Peranan ilmu sosial dasar sangatlah penting dalam bidang psikologi individu. Ilmus sosial penting dalam membentuk karakter kejiwaan seseorang individu dalam mencapai kedewasaan individu tersebut. Perubahan karakter yang lebih baik menjadikan kehidupan individu harmonis  dan berarti bagi manusia lainnya.





DAFTAR PUSTAKA
Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar