Minggu, 02 Desember 2012

ILMU SOSIAL DASAR BIDANG PENDIDIKAN


 ILMU SOSIAL DASAR BIDANG PENDIDIKAN







DISUSUN OLEH:
RUDI PRIMA MANDALA PUTRA
1KB04


KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Peran Ilmu Sosial Dasar dalam Pendidikan.
Makalah ini takkan terselesaikan tanpa bantuan orang orang yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Terimakasih sebesar besarnya pada dosen pembimbing serta pihak pihak lain yang membantu kelancaran makalah ini.
Penulis menyadari banyak kekurangan dalam pembuatan Makalah ini. Oleh karena itu, kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan. Semoga makalah yang kami buat ini, dapat bermanfaat bagi masyarakat luas, terutama bagi seluruh mahasiswa.
Seperti kata pepatah, tak ada gading yang tak retak. Mohon maaf atas segala kekurangan yang terdapat dalam makalah yang kami buat ini  dan terima kasih atas segala perhatian para pembaca.



Depok, 17 Oktober 2012



Penulis




                                                ABSTRAKSI
Ilmu Sosial Dasar menuntut belajar secara formal agar kita mengetahui sifat-sifat / karakteristik dari mahluk hidup / manusia yang lain yang belum kita pernah kenal sebelumnya, dan dalam materi ini, kita dapat mempelaari sifat dasar dari manusia lain tersebut. Meskipun secara alamiah dan sendiri kita mampu beradaptasi dan tidak perlu belajar materi ini namun kita dituntut untuk memperdalam agar tidak adanya kesalahpahaman ketika kita secara langsung berinteraksi dengan mereka.
Mata kuliah dasar umum (MKDU) mencakup ilmu sosial dasar dan mempelajari Pancasila, Agama, Kewiraan, Sejarah Perjuangan Bangsa, Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Ilmu Sosial Dasar (ISD), dan Ilmu Budaya Dasar (IBD). Tujuan dari ilmu sosial dasar adalah untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, perpepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga lebih peka terhadapnya.




BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Manusia adalah makhluk yang tak henti hentinya belajar. Oleh karena itu, pendidikan merupakan kebutuhan pokok bagi manusia saat ini. Hal itu telah difasilitasi dengan adanya sekolah. Di jenjang perguruan tinggi, siswa yang telah bertransformasi menjadi mahasiswa mulai mempelajari bidang ilmu profesi dengan lebih mendalam, sehingga terkadang melupakan ilmu dasar sosial seperti pancasila, agama, dan pengetahuan dasar sosial lainnya.
Manusia selain sebagai makhluk individu, juga merupakan makhluk sosial. Sehingga seharusnya kita tetap mempelajari ilmu sosial yang akan membawa kita menjalin hubungan baik antarmanusia dan meningkatkan kemampuan intrapersonal. Selain itu, sebagai mahasiswa kita juga tidak boleh melupakan peran kita sebagai warga negara Indonesia, maka ilmu sosial kewarganegaraan juga perlu terus dikembangkan.

1.2 TUJUAN
a.       Mengetahui pengertian ilmu sosial dasar
b.      Mengetahui tujuan ilmu sosial dasar




BAB II
ISI
2.1 Pengertian Ilmu Sosial Dasar
Pengertian Ilmu Sosial Dasar yaitu pendidikan tinggi yang diharapkan dapat menghasilkan seorang sarjana-sarjana yang mempunyai nilai tinggi dan kemampuan skill terdiri dari :
  • Kemampuan Akademik
Kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan maupun tulisan, menguasai peralatan analisis, maupun berpikir logis, kritis, sitematis, dan analitis, memiliki kemampuan konsepsional untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang dihadapi, serta mampu menawarkan alternatif pemecahannya 
  • Kemampuan Profesi
Kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan. Dengan kemampuan ini, para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi dalam bidang profesinya.
  • Kemampuan Pribadi
Kemampuan dalam bidang kepribadian. Dengan kemampuan ini para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukkan sikap, dan tingkah laku, dan tindakan yang mencerminkan kepribadian Indonesia, memahami dan mengenal nilai-nilai keagamaan, kemasyarakatan, dan kenegaraan, serta memiliki pandangan yang luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia. 
Dan begitupun Materi Ilmu Sosial Dasar, kita dituntut untuk belajar secara formal agar kita mengetahui sifat-sifat / karakteristik dari mahluk hidup / manusia yang lain yang belum kita pernah kenal sebelumnya, dan dalam materi ini, kita dapat mempelaari sifat dasar dari manusia lain tersebut. Meskipun secara alamiah dan sendiri kita mampu beradaptasi dan tidak perlu belajar materi ini namun kita dituntut untuk memperdalam agar tidak adanya kesalahpahaman ketika kita secara langsung berinteraksi dengan mereka.
Dengan seperangkat kemampuan yang dimiliki seseorang diatas lulusan perguruan tinggi diharapkan seseorang menjadi sarjana yang sujana yaitu sarjana yang cakap dan ahli dalam bidang yang ditekuninya serta mau dan mampu mengabdikan keahliannya untuk kepentingan masyarakat indonesi dan umat manusia pada umumnya. Pencapaian kemampuan akademik dan kemampuan profesi telah diusahakan melalui mata kuliah (MKK). Kedua kemampuan tersebut bertuuan untuk memberikan keahlian dalam bidangnya dan kemampuan menerapkan keahlian itu dalam masyarakat.
Berikut adalah MKDU/ Mata Kuliah Dasar Umum yang terdiri atas mata kuliah:
  1. Pancasila
  2. Agama
  3. Kewiraan
  4. Sejarah Perjuangan Bangsa
  5. Ilmu Alamiah Dasar (IAD)
  6. Ilmu Sosial Dasar (ISD)
  7. Ilmu Budaya Dasar (IBD)
2.2 Tujuan Ilmu Sosial Dasar
Tujuan diberikannya mata kuliah ilmu sosial dasar yaitu dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, perpepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga lebih peka terhadapnya.
Ilmu sosial dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki objek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan.
Ilmu sosial dasar bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri, karena ilmu sosial dasar tidak memiliki objek dan metode ilmiah tersendiri dan juga tidak mengembangkan penelitian sebagai mana suatu disiplin ilmu, seperti ilmu-ilmu sosial di atas.
Secara khusus mata kuliah dasar umum bertujuan untuk menghasilkan warga Negara sarjana yang berjiwa pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan pengamalan nilai-nilai pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia. Dalam hal keagamaan, bertujuan meningkatkan Taqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya dan memiliki toleransi terhadap pemeluk agama lain.
Ilmu sosial dasar juga menargetkan sasaran memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral didalam menyikapi permasalahan kehidupan baik sosial, politik maupun pertahanan keamanan, dan juga memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan secara bersama-sama mampu berperan serta meingkatkan kualitasnya, maupun lingkungan alamiahnya dan secara bersama-sama berperan serta didalam pelestariannya.



BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Dari semua yang diatas saya sebagai seorang mahasiswa ,peran pembelajaran Ilmu Sosial Dasar sangat penting karena materi ini dapat membimbing kita dalam pembelajaran soft skill tidak hanya hard skill saja dan kerjasama workteam ,mahasiswa dapat mengetahui teknik-teknik yang akan berguna di masa depannya.




DAFTAR PUSTAKA
Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar