ILMU SOSIAL DASAR
DISUSUN
OLEH:
RUDI
PRIMA MANDALA PUTRA
1KB04
KATA
PENGANTAR
Segala puji bagi Allah yang telah melimpahkan
rahmat dan hidayahnya, Sehingga Makalah Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasar
ini dapat saya selesaikan guna sebagai salah satu tugas yang diberikan dosen
mata kuliah Ilmu Sosial Dasar sebagai salah satu mata kuliah softskill.
Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dosen
pengajar matakuliah Ilmu Sosial Dasar yang telah memberi kesempatan kapada
saya untuk mengumpulkan tugas makalah ini, serta seluruh pihak yang telah
memberikan motivasi kepada saya untuk menyelesaikan
makalah ini.
Saya sadar, bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Untuk itu,
saya terus mengharapkan bimbingan dari dosen pengajar mata kuliah Ilmu Sosial
Dasar. Agar dilain waktu, tugas – tugas yang diberikan oleh Dosen Pengajar
Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasardapat saya kerjakan lebih baik lagi. Harapan saya,
semoga makalah ini dapat berguna bagipara pembacanya. Akhirnya saya ucapkan
terima kasih. Akhir kata. Wassalamualaikum.
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR............................................................................................................2
DAFTAR
ISI............................................................................................................................3
ABSTRAKSI...........................................................................................................................4
BAB
I PENDAHULUAN
1.1. LATAR
BELAKANG........................................................................................................5
1.2. TUJUAN.............................................................................................................................6
BAB
II ISI
2.1. ILMU SOSIAL DASAR....................................................................................................7
BAB
III PENUTUP
3.1. KESIMPULAN.................................................................................................................9
DAFTAR
PUTAKA...............................................................................................................10
ABSTRAKSI
Ilmu Sosial Dasar
adalah pengetahuan yang menelaah masalah masalah sosial khususnya yang
diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian pengertian
(fakta, konsep teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian
dalam lapangan ilmu ilmu social seperti: Sejarah, ekonomi, geografi social.
Sosiologi, antropologi, psikologi sosial.
Ilmu sosial dasar tidak
merupakan gabungan dari ilmu social dasar yang dipadukan, karena ilmu social
dasar tidak memiliki objek dan metode ilmiah tersendiri. Ilmu Sosial Dasar
merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan
pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi
gejala-gejala sosial agar daya tanggap,persepsi dalam menghadapi lingkungan
sosial dapat ditingkatkan
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Latar belakang diberikannya matakuliah ISD di
perguruan tinggi dikarenakan beberapa hal yaitu:
-
Banyaknya kritik yang ditujukan pada
sistem pendidikan di perguruan tinggi oleh para cendekiawan. Mereka berpendapat
bahwa sistem pendidikan yang berlangsung masih berbau kolonial dan masih
merupakan warisan sistem pendidikan pemerintah Belanda yaitu kelanjutan dari
politik ‘balas budi/ etisce politik ’
oleh Conrad Theodore van Deventer. Sistem pendidikan tersebut bertujuan untuk
menghasilkan tenaga terampil agar menjadi ‘ tukang’ yang mengisi birokrasi
mereka di bidang administrasi, perdagangan, teknik dan keahlian lain dalam
tujuan eksploitasi (pemerasan) kekayaan negara.
-
Sistem pendidikan kita menjadi sesuatu
yang elite bagi masyarakat kita sendiri sehingga kurang akrab dengan lingkungan
masyarakat, serta tidak mengenali dimensi-dimensi lain diluar disiplin
keilmuannya. Perguruan tinggi seolah-olah menjadi ‘menara gading’ yang menghasilkan tenaga-tenaga ‘tukang’ yang
tidak atau kurang peka terhadap denyut kehidupan, kebutuhan, serta perkembangan
masyarakat.
Sedangkan tenaga ahli
yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan tidak hanya menjadi tukang
saja tetapi diharapkan mempunyai tiga jenis kemampuan yaitu personal, akademis, dan profesional.
a. Kemampuan
personal/ kemampuan kepribadian
Dengan kemampuan ini
tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga menunjukkan sikap dan
tindakan yang mencerminkan kepribadian Indonesia, mengenal dan memahami
nilai-nilai keagamaan, kemasyarakatan, kenegaraan/ pancasila serta memiliki
pandangan luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi masyarakat
Indonesia.
b. Kemampuan
Akedmik
Adalah kemampuan untk
berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan maupun tertulis, menguasai peralatan
analisa, mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan analitis. Memiliki
kemampuan konsepsional untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang
dihadapi serta mampu menawarkan alternatif pemecahannya.
c. Kemampuan
Profesional
Adalah kemampuan dalam
bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan. Tenaga ahli diharapkan memliki
pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi dalam bidang profesinya.
1.2 TUJUAN
1. Memahami
dan menyadari kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah yang ada didalam
masyarakat
2. Peka
terhadap masala-masalah social dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha
menanggulanginya
3. Menyadari
bahwa setiap masalah social yang timbul dalam masyarakat slalu bersifat
kompleks dan hanya mendekatinya dan mempelajarinya secar kritis dan
interdisipliner
4. memberikan pengetahuan dasar dan
pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji
gejala-gejala sosial
5. dan lebih memahami dan menyadari
bahwa setiap kenyataan sosial dan masalah sosial ada dalam masyarakat dan
selalu bersifat kompleks, kita hanya bisa memahaminya secara kritis.
BAB II
ISI
2.1 ILMU SOSIAL DASAR
Ilmu Sosial
Dasar adalah gabungan dari disiplin ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam
pendekatan dan pemecahan masalah-masalah sosial yang timbul dan berkembang
dalam masyarkat. Ilmu Sosial Dasar memberikan dasar-dasar pengetahuan umum
tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial
kepada mahasiswa, yang diharapkan cepat tanggap serta mampu menghadapi dan
memberi alternatif pemecahan masalah dalam kehidupan masyarakat. Dengan begitu
antara ilmu-ilmu sosial dan ilmu ilmu sosial dasar tidak ada perbedaan yang
prinsipiil
Untuk menjawab berbagai tantangan
dan persoalan dalam kehidupan lahirlah berbagai cabang ilmu
pengetahuan.Berdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu
pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat dikelompokan menjadi tiga :
- Natural
sciences (ilmu-ilmu alamiah), meliputi: Fisika, Kimia, astronomi, biologi
dll
- Sosial
sciences (ilmu-ilmu social) terdiri dari: Sosiologi, Ekonomi, Politik
antropologi, Sejarah, Psykologi, Geografi dll
- Humanities
(ilmu-ilmu budaya) meliputi: Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian dll.
Mengikuti pembagian ilmu pengetahuan seperti tersebut diatas maka
Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar adalah satuan pengetahuan yang
dikembangkan sebagai usaha pendidikan.
Ilmu Sosial
Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah masalah social khususnya yang
diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian pengertian
(fakta, konsep teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian
dalam lapangan ilmu ilmu social seperti:
Sejarah,
ekonomi, geografi social. Sosiologi, antropologi, psikologi sosial.Ilmu social
dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu social dasar yang dipadukan, karena
ilmu social dasar tidak memiliki objek dan metode ilmiah tersendiri dan juga ia
tidak mengembangkan suatu penilitian sebagaimana suatu disiplin ilmu seperti
ilmu-ilmu social diatas.Ilmu sosial dasar merupakan suau bahan studi atau
program pekerjaan yang khusus dirancanga untuk kepentingan atau pengerjaan yang
di Indonesia diberikan di perguruan tinggi.
Ilmu sosial dasar adalah
pengetahuan yang menelaah masalah – masalah sosial, khususnya yang
diwujudkan oleh masyarakat dengan
menggunakan pengertian – pengertian (fakta,konsep,teori) yang berasal dari
berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu – ilmu sosial seperti
sejarah,ekonomi,geografi sosial, sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial.
ISD merupakan suatu usaha yang
dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang
konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya
tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi
lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga kepekaan manusia pada lingkungan
sosialnya menjadi lebih besar.
ISD membantu perkembangan wawasan
penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan
ciri – ciri kepribadian yang diharapkan dari sikap mahasiswa , khususnya
berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia –
manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia lain terhadap manusia yang
bersangkutan secara timbal balik.
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Dari semua yang diatas saya sebagai seorang mahasiswa ,peran
pembelajaran Ilmu Sosial Dasar sangat penting karena materi ini dapat
membimbing kita dalam pembelajaran soft skill tidak hanya hard skill saja dan
kerjasama workteam ,mahasiswa dapat mengetahui teknik-teknik yang akan berguna
di masa depannya.
DAFTAR PUSTAKA
Sumber :
http://nizaru.blogspot.com/2010/12/peran-ilmu-sosial-dasar-dalam.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar